The Great IDEO

OK! Lansung aja yah…tidak perlu berbasa-BASI seperti
“kenapa tidak Jimmy gIDEO?”<<karena tidak penting..

IDEO itu adalah salah satu perusahaan layanan desain ter-kreatif dan ter-inovatif di dunia. Ideo memiliki metodologi kerja yang sangat menarik. Tidak hanya dalam memecahkan berbagai macam masalah, namun juga caranya dalam menciptakan suatu ide maupun gagasan.

Dalam upayanya memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO turun langsung ke pasar, jalan2, stasiun, supermarket, dan manapun lah untuk mengamati orang2 dalam kehidupan yang sebenarnya. IDEO berupaya menemukan apa2 yang membuat orang2 bertingkah laku seperti apa yang terlihat, apa yang membikin mereka bingung, apa2 yang mereka suka atau benci, serta apa2 kebutuhan utama yang tak terpenuhi oleh produk & jasa yang tersedia saat ini.

Gw juga sempet bingung..kenapa sih mereka mau aja yah repot2 begitu? Ternyata oh ternyata karena mereka meyakini bahwa baik di bidang seni, sains, teknologi atau bisnis, inspirasi ternyata seringkali datang dari kedekatan dgn tindakan. Ide2 baru akan muncul dari melihat, mencium, mendengar, dan berada di tempat. Wogh!

Menurut IDEO, keterlibatan panca indera sangatlah penting, dan itulah kenapa orang2 tetap pergi ke museum untuk mendapatkan inspirasi dari kehadiran karya seni asli, meskipun sebenernya gambar2 digital bisa dgn mudahnya dilihat melalui internet.

Ketika IDEO mengamati orang-orang dalam keadaan alamiah mereka, mereka tidak hanya melihat nuansa perilaku orang2, tetapi juga berusaha untuk menemukan motivasi dan emosi mereka. Dari situlah IDEO berusaha memahami psikologi yang mendasari interaksi seseorang dengan produk dan jasa.

Lebih jauh lagi, IDEO merasa lebih mudah berpikir tentang produk sebagai kata kerja daripada kata benda. Dengan melihat produk sebagai predikat sebagai peralatan bergerak yang menyatu dalam hidup manusia, maka IDEO jadi makin tanggap terhadap cara orang menggunakan produk, ruang, jasa-apapun yang dia coba perbaiki.

Jalan Kerja IDEO:

1. Observation
2. Brainstorming
3. Rapid Prototyping
4. Refining
5. Implementation

Ini nih beberapa penghargaan yang didapat oleh IDEO:

-IDEO Makes the GOOD 100 by GOOD Magazine
-IDEO Wins 2009 Open Architecture Challenge
-IDSA and BusinessWeek Magazine’s 2009 IDEA Awards
-iF Awards 2009
-and many more..@_@

Begitulah Sekilas Info tentang IDEO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: