Ten Paradoxes with Ten of My Lovely Comments

December 16, 2009

Ya.. Post ini adalah post untuk tugas UAS pelajaran CI
Yaitu menganalisis dan mengomentari 10 Paradox Mihaly
Dimana Mihaly menyatakan ada 10 sikap paradok yang dimiliki oleh orang-orang Kreatif :

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Orang-orang kreatif memang selalu bersemangat dalam melakukan segala sesuatu yang baru dan hal-hal yang disukainya. Mengapa? Karena mereka senang melakukan itu. Di sisi lain, orang kreatif juga sering diam dan tenang ketika mereka sedang berpikir untuk menemukan sebuah ide ato inspirasi baru. Bahkan seringkali mereka tidak segan-segan keluar berjalan-jalan sendirian hanya untuk mencari sebuah inspirasi dari ketenangan.

Ada sebuah pepatah mengatakan diam itu emas? apakah begitu. Tergantung jawabnya. Saya sering diam lalu saya tertidur. Apakah itu kreatif? Belum tentu tidak. Karena siapa tau di dalam mimpi saya nanti ada mimpi yang keren. Lalu bisa saya gunakan sebagai inspirasi untuk membuat film (yg ga akan laku sepertinya tapi bakal jauh lebih baik dari Waterfall Wedding).

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Mereka naif karena mereka ingin membuka dirinya dengan segala hal. Mungkin bagi orang-pada-umumnya kenaifan orang kreatif merupakan suatu kebodohan. Mereka tidak mengerti kalau di dalam kenaifannya itu tersembunyi sebuah kepintaran yang berbeda dari umumnya. Mungkin orang-pada-umumnya (lagi) tidak mengerti siratan tersebut. Tetapi orang kreatif yang lainnya pasti tahu.
Tahu bukan tempe.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

Yah namanya juga orang kreatif main-main adalah kegemarannya. Hehe. Orang kreatif itu disiplin dan bertanggung jawab sekali loh meskipun mereka sering melanggar “peraturan” yang ada.

NO RULES!!! Yap, itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan hidup dari orang kreatif. Tapi… no rules disini hanya dari faktor luar orang kreatif. Maksudnya adalah orang kreatif itu biasanya tidak mau diatur oleh orang lain. Karena biasanya aturan dari orang lain menganggu kesenangan mereka. Karena kesenangan mereka adalah awal terciptanya ide-ide brilian dari pikiran yang terbuka. Makanya orang kreatif suka main. Hehe.
Tetapi di sisi lain, mereka biasanya mempunyai aturan dan kedisiplinan dan tanggung jawab untuk dirinya sendiri. Apakah itu? 😀

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

Siapa yang ga suka berimajinasi?
Siapa yang ga suka ber-fantasi?
Semua orang pasti suka
Saya juga suka
Tetapi apakah itu imajinasi dan fantasi kita bisa menjadi kenyataan?
Hubungkan imajinasi, fantasi, dan kenyataan kita
Jangan cuman bermimpi 😦
Jadikanlah
Maka anda kreatif

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

Mereka introvert ketika sedang mengeksplor dunia kreatif.
Mereka extrovert ketika sedang mengeksplor dunia.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

Ketika karya mereka jadi.
Tidak perlu membandingkan kualitas karya mereka dengan orang lain.
Mereka puas dan bangga dengan apa adanya.
Karena bagaimanapun juga itu adalah hasil jerih payah orisinalitas mereka sendiri.
Itulah kreatif, rendah hati dan bangga dengan karya sendiri.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping

Tidak ada batas, tidak ada perbedaan.
Itulah kreatif. Melihat unsur-unsur kreatifitas dari segalanya dan siapapun bisa menikmati hasilnya.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

Rebellious merupakan suatu keharusan bagi orang-orang kreatif. Tak ada batas dalam kreatifitas. Melawan “aturan” tetapi masih memilik aturan dalam dirinya. Makanya, orang kreatif juga disebut conservative.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Inilah yang paling saya salutin dari orang kreatif. Kalau sudah berbicara pekerjaan mereka nomer 1 di bidangnya. Orang-orang kreatif sangat menikmati proses dari pekerjaan mereka. Saking mencintainya, mereka sangat menghayati proses pekerjaan mereka. Meskipun terkadang lupa dunia. Satu hal yang pasti dari orang-orang kreatif adalah mereka selalu ingin maju. Mereka terbuka. Rela dikritik secara terbuka dan menerima segala saran. Karena menurut mereka itu bisa membuat mereka jauh lebih baik.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

Ya.. jadi orang yang terbuka memang ada sisi tidak baiknya. Sebagai contoh, ketika orang-orang kreatif mendengar kritik yang menyedihkan dan pedas tentang kenyataan karya mereka atau diri mereka. Mereka akan sangat sakit hati. Bukannya ga terima, tetapi ya sakit hati ajah. Tetapi mereka tetap menerimanya sebagai kesenangan karena kejujuran.

Sekian analisis dan pendapat saya tentang 10 paradoxxx Mihaly..
Mohon maaf atas segala kekurangannya..
Domo Arigato

Creativeness

October 20, 2009

3 pertanyaan, 3 jawaban, dan 1 contoh kreatif kali ini akan gw hadirkan..

1. Mengapa kita perlu kreatif??
Karena dengan Kreatif kita bisa lebih dari standar orang lain. Kalo kita ga kreatif, maka hidup akan terasa bosan dan gitu-gitu aja. Stuck. Like Zombay [a.k.a zombie]. Dengan berpikir kreatif kita bisa menciptakan hal-hal baru yang bisa merangsang pikiran kita menjadi lebih hidup dan begitu juga orang-orang yang melihat dan merasakan hasilnya. Selama hal tersebut masih positif. Tidak seperti penabrak gedung WTC.

2. Siapa orang yang paling kreatif?
Oke..sampai ada banyak sekali orang-orang kreatif di dunia. Mulai dari pendiri Google;Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Microsoft;Bill Gates, tukang lawak;Komeng, sampai Mamat tukang bakso.
Tetapi dan tetapi orang paling kreatif versi gw adalah: Orangutan. Karena dia tinggal utan.

3. Perusahaan paling kreatif?
Sama kyk orang yg plg kreatif..perusahaan paling kreatif juga banyak.. Seperti perusahaan IDEO yg sedang panasnya dibahas-bahas, Facebook dgn aplikasi2 menariknya, Squaresoft dgn FF8,9,10 [yeah!], sampai Crescendo company peraih penghargaan most innovative award..
Tetapi dan tetapi perusahaan ter-kreatif menurut saya adalah perusahaan pembuat spring bed. Tanpa mereka kita tidak bisa tidur nyaman.

4. Extra untuk iklan kreatif!

😀

The Great IDEO

October 20, 2009

OK! Lansung aja yah…tidak perlu berbasa-BASI seperti
“kenapa tidak Jimmy gIDEO?”<<karena tidak penting..

IDEO itu adalah salah satu perusahaan layanan desain ter-kreatif dan ter-inovatif di dunia. Ideo memiliki metodologi kerja yang sangat menarik. Tidak hanya dalam memecahkan berbagai macam masalah, namun juga caranya dalam menciptakan suatu ide maupun gagasan.

Dalam upayanya memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO turun langsung ke pasar, jalan2, stasiun, supermarket, dan manapun lah untuk mengamati orang2 dalam kehidupan yang sebenarnya. IDEO berupaya menemukan apa2 yang membuat orang2 bertingkah laku seperti apa yang terlihat, apa yang membikin mereka bingung, apa2 yang mereka suka atau benci, serta apa2 kebutuhan utama yang tak terpenuhi oleh produk & jasa yang tersedia saat ini.

Gw juga sempet bingung..kenapa sih mereka mau aja yah repot2 begitu? Ternyata oh ternyata karena mereka meyakini bahwa baik di bidang seni, sains, teknologi atau bisnis, inspirasi ternyata seringkali datang dari kedekatan dgn tindakan. Ide2 baru akan muncul dari melihat, mencium, mendengar, dan berada di tempat. Wogh!

Menurut IDEO, keterlibatan panca indera sangatlah penting, dan itulah kenapa orang2 tetap pergi ke museum untuk mendapatkan inspirasi dari kehadiran karya seni asli, meskipun sebenernya gambar2 digital bisa dgn mudahnya dilihat melalui internet.

Ketika IDEO mengamati orang-orang dalam keadaan alamiah mereka, mereka tidak hanya melihat nuansa perilaku orang2, tetapi juga berusaha untuk menemukan motivasi dan emosi mereka. Dari situlah IDEO berusaha memahami psikologi yang mendasari interaksi seseorang dengan produk dan jasa.

Lebih jauh lagi, IDEO merasa lebih mudah berpikir tentang produk sebagai kata kerja daripada kata benda. Dengan melihat produk sebagai predikat sebagai peralatan bergerak yang menyatu dalam hidup manusia, maka IDEO jadi makin tanggap terhadap cara orang menggunakan produk, ruang, jasa-apapun yang dia coba perbaiki.

Jalan Kerja IDEO:

1. Observation
2. Brainstorming
3. Rapid Prototyping
4. Refining
5. Implementation

Ini nih beberapa penghargaan yang didapat oleh IDEO:

-IDEO Makes the GOOD 100 by GOOD Magazine
-IDEO Wins 2009 Open Architecture Challenge
-IDSA and BusinessWeek Magazine’s 2009 IDEA Awards
-iF Awards 2009
-and many more..@_@

Begitulah Sekilas Info tentang IDEO

Importance of The Internet

October 20, 2009

Ya, kehadiran internet di kehidupan umat manusia saat ini sangat penting sekali..
bisa dibilang tanpa internet kita “mati”..jgn bohong..jujur aja gw begitu..

Sebuah quote dari Mr.Ariel Palsu (penjual “Internet” dan roti bakar di deket kosan gw):
No Internet We Are Zombay
Yap! sebuah quote yg tidak penting,, tapi tidak apa..warungnya tetep laku loh..

Ok..seriously..
Why do I consider that Internet is important?
Because..
It provides an easy tool for communication, building social networks, connects large organizations together, it contains lots of useful resources such as this webpage, up-to-date news and much more things, such as:
-Social awareness
-Entertainment and GAME
-Knowledge base
-Tutorials
-A new way to communicate
-To make things easier [like banking]
-Expressing yourself
-Sharing ideas
-Learning new things
-& a LOT more..

One of my REALLY BEST FRIEND VIGOSS express his opinion about the importance of the Internet :

Ganker ter-IMBA

Ganker ter-IMBA

“It is without doubt the ‘greatest communication tool’ the world has (which is for free). I realize you have to pay for the service, but after that there’s no charge. Phones and the like you have to pay for as you use them. And is one to one. But, this is for anyone to everyone. Like in DoTA, 5vs5 players! And a few minutes after the game started, I OWN!”

Oke..buat tambahan aja yah..berikut ini hasil kreatif para pengguna internet di Indonesia..
Monggo dilihat-lihat..:P

meskipun perang tetap PERTAMAX

meskipun perang tetap PERTAMAX

Yoh! That’s all for the 2nd task.. 😀

The Meaning of the Cool FYP

October 20, 2009

Yoh! we meet again..

Tugas PERTAMAX CI!! Mendeskripsikan arti nama!! @_@
ok..here it is.

Febrian : Feb-nya diambil dari kata FEBruari dan Rian-nya diambil dari kata bRIlIAN. Jadi artinya gw ini FEBRIAN BRILLIAN WAKAKAKAWK.. <<(salah bukti ke-BRILLIANT-nan gw)

Yudha merupakan yang ter-baik dari yang terbaik. Semua temen2 gw udah tau kalo gw ini orangnya baik, keren, dan pintar gila-gila-an. So, ga perlu dibahas lagi okeh!

Prananta itu Rendah hati. <<< Yap! Gw bgt kan?? Kita ga boleh tuh sombong2 jadi orang, tar kualat loh..rendah hati aja kyk gw 😛

Jadi, kesimpulannya Febrian Yudha Prananta adalah ORANG paling BRILLIAN yang paling BAIK, KEREN, dan PINTAR tetapi RENDAH HATI.
GG TQ. See u in comlabs. wakkwakaka

Good Job!

1st Blood

August 30, 2009

Yoh! finally i made my own imba blog! and though this only for all my IMPORTANT CI’s assignmentz!

bknnya gw ogah untuk menuliskan segala macam isi hati maupun jalan kenangan kehidupan gw..

gw merasa kok ini WORDPRESS RIBET BGT, padahal gw ini IT banget loh orangya..

yap! that’s all for my GREAT intro.. huauaha.. whatever next..